Jumat, 19-04-2024
  • MI Muhammadiyah Tangkisanpos (Santun dalam Moral, Unggul dalam Prestasi)

Kunjungan Siswa MIM Tangkisanpos Ke Perpusda Klaten

Diterbitkan : - Kategori : Pendidikan

                 Pagi ini mengawali bulan Februari, 1 Februari 2024 ada yang istimewa siswa MI Muhammadiyah Tangkisanpos yaitu belajar Bahasa Indonesia di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Klaten. Dari Pukul 09.00 WIB dari pemandangan di sepanjang jalan Lombok Bareng Klaten Tengah tampak barisan berseragam biru bergerak menuju utara. Setelah mendekat, terlihatlah anak-anak kecil dengan penuh semangat dan senyum cerianya memasuki halaman Perpusda. Meski peluh membasahi wajah, tubuh dan sebagian seragam, mereka tetap menikmati perjalanan yang ditempuh dari sekolahan MI Muhammadiyah Tangkisanpos dengan naik mobil sekolah  sebanyak 2 armada selama sekitar 25 menit itu. Sejenak mereka berjajar di depan pintu masuk, ada yang memandang ke sekeliling, ada yang bercanda satu sama lain, ada yang meraih bekal dan meneguk air dari botol minumannya, dan berdesak-desakkan mengerumuni meja sirkulasi untuk mengisi buku tamu, namun ada juga beberapa anak yang sangat antusias tertarik dengan beribu pertanyaan kepada petugas perpustakaan yang didorong oleh rasa penasaran.. Kini, setelah tiba di Perpusda terbayar sudah rasa lelah. Mereka dapat melihat langsung perpustakaan dari dalam, koleksi buku-bukunya, permainan edukatif, serta fasilitas lain yang ada. Di Ruang perpustakaan mereka segera berhamburan ke sana ke mari, segera setelah itu petugas perpustakaan memberikan sekilas petunjuk untuk memanfaatkan buku-buku yang ada untuk dibaca dengan rapi di meja dan kursi yang tersedia. Dan sebagian anak yang di ruang dapat memanfaatkan permainan edukatif yang ada, bermain piano, maupun membaca.

Ini merupakan kunjungan pertama mereka ke Perpusda. Mereka memanfaatkan waktu selama 2 jam sebagaimana waktu yang dialokasikan dari pihak sekolah. Dengan didampingi oleh 3 orang guru yaitu Pak Andi Mulyawan, S.Pd.I, Pak Agus Syarifudin, S.Pd, dan Bu Ery Purwani, S.PdSD, selaku guru kelas 4 dan siswa sebanyak 48 . Kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak sekolah dalam rangka untuk memenuhi serta mempraktekkan pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Literasi dan membuat laporan serta mendapat respon positif dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Klaten. Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah mengenalkan perpustakaan secara dekat kepada anak-anak didik selain mengetahui apa saja yang ada di perpustakaan juga mengembangkan dan menumbuhkan minat membaca.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar anak-anak, menambah wawasan pengetahuan, dan mendorong tumbuh kembangnya budaya serta minat membaca sejak dini. Dengan membiasakan membaca sejak dini maka akan terwujud kebiasaan positif bagi anak sebagai salah satu fondasi dalam membangun karakter berbudaya.  Setelah berkunjung ke perpusda anak anak melanjutkan perjalanan menuju ke Masjid Raya Klaten yang berada di tengah kota Klaten sekaligus mengenalkan tempat religious dan melaksanakan pembiasaan shalat dhuhur secara berjamaah.

Untuk melengkapi perjalanan ke Kota klaten sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui menurut peribahasa. Siswa kelas 4 mampir untuk makan siang sekaligus kunjungan ke Zuppa Soup makanan khas dari kota Klaten.. Alhasil pembelajaran hari ini siswa kelas 4 merasa sangat senang sambil belajar dan bermain.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan