Minggu, 19-05-2024
  • MI Muhammadiyah Tangkisanpos (Santun dalam Moral, Unggul dalam Prestasi)

PTS/ATS

Tips Sukses Menghadapi Penilaian Tengah Semester (PTS)

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) sudah dekat nih, di beberapa sekolah malah sudah dilaksanakan. Bagaimana dengan persiapan kamu? Kamu tentunya sudah mulai mempersiapkan diri menghadapi PTS secara matang dong. Ingat! Sama seperti nilai UAS/PAS, nilai ATS/PTS juga memengaruhi keseluruhan nilai akhir semester kamu. Nilai akhir semester inilah yang menentukan peringkat, kenaikan kelas, hingga kelulusan kamu di sekolah. Jadi, jangan menganggap sepele PTS/ATS ini, ya.

Kamu bisa melakukan persiapan Penilaian Tengah Semester sedini mungkin agar mendapatkan nilai yang maksimal. Hindari belajar Sistem Kebut Semalam atau SKS, karena cara belajar menghadapi PTS seperti itu tidak efektif.

Untuk membantu kamu menemukan cara belajar efektif, ada 5 tips menghadapi penilaian tengah semester yang bisa dilakukan agar dapat sukses menghadapi PTS. Lewat tips-tips tersebut, kamu tidak perlu bingung lagi deh harus mulai persiapan PTS/ATS dari mana. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, langsung simak pembahasan berikut!

Membuat Jadwal Belajar khusus Penilaian Tengah Semester

Kalau mau meraih nilai bagus dalam Penilaian Tengah Semester, kamu tentu harus belajar dong. Supaya belajar kamu lebih efektif, kamu perlu membuat jadwal belajar khusus untuk persiapan PTS/ATS. Cara membuat jadwalnya dengan menghitung berapa minggu dan berapa hari yang kamu miliki sampai pelaksanaan PTS/ATS. Setelah itu, tentukan skala prioritas materi yang mau kamu pelajari, mulai dari materi yang belum dimengerti hingga materi pelajaran yang sudah kamu kuasai.

Selanjutnya, tentukan dalam sehari kamu mau belajar materi apa saja sesuai skala prioritas yang sudah kamu buat. Contohnya, pada hari Senin kamu mau belajar QH dan AA, lalu pada hari Selasa kamu belajar Bahasa Indonesia dan Fiqih, hari Rabu belajar Matematika, dan seterusnya.

Selain menetapkan hari, kamu juga harus menentukan durasi belajar pada setiap materinya. Kamu bisa belajar setiap materi minimal satu jam dan maksimal dua jam. Hindari belajar lebih dari dua jam karena bisa membuat kamu kelelahan belajar dan memengaruhi kondisi kesehatan kamu.

Setelah hari dan durasi belajar dibuat, kamu harus atur kapan waktunya belajar. Hal ini perlu kamu lakukan agar waktu belajar yang kamu buat tidak mengurangi waktu aktivitas lainnya. Contohnya, atur waktu belajar pada sore hari karena kamu tidak ada kegiatan lain di hari itu dan kamu merasa lingkungan belajar lebih kondusif saat sore hari. Sebaiknya hindari belajar terlalu malam agar kamu tidak kesulitan bangun di esok harinya. Pilihlah waktu belajar ini dengan bijak agar proses belajarmu semakin efektif!

Belajar Bareng Teman

Buat kamu yang tidak suka belajar sendirian, tips menghadapi penilaian tengah semester yang satu ini patut kamu coba. Belajar bareng teman bisa membuat belajar jadi lebih menyenangkan. Enggak cuma itu, kamu dan temanmu juga bisa saling membantu memahami materi ujian. Kamu bisa berdiskusi konsep materi pelajaran sehingga mendapatkan banyak sudut pandang baru dalam memahami konsep tersebut.

Selain bareng teman, kamu juga bisa belajar ditemani anggota keluarga kamu, seperti kakak atau orang tua. Belajar bersama keluarga bisa membantu kamu lebih memahami materi, sekaligus mempererat hubungan antaranggota keluarga.

 Kurangi Aktivitas Bermain

Siapa nih di antara kamu yang masih banyak waktu bermain daripada belajarnya? Menjelang Penilaian Tengah Semester, sebisa mungkin untuk mulai mengurangi aktivitas tersebut. Sebaliknya, kamu harus mulai memperbanyak waktu belajar agar lebih fokus menghadapi ujian semester.

Supaya bisa fokus, tentunya kamu harus mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting. Contohnya, dalam seminggu biasanya kamu main bersama teman-teman setiap pulang sekolah. Menjelang PTS, ada baiknya waktu bermain tersebut dilakukan saat libur sekolah saja dan diganti dengan aktivitas belajar di rumah.

Mengurangi aktivitas yang tidak begitu penting ini sebenarnya juga menjadi latihan untuk menentukan skala prioritas hidup kamu. Lewat cara ini, kamu bisa mengetahui hal-hal yang menjadi fokus utama untuk dikerjakan dan hal yang bisa dilakukan di lain waktu. Cara ini tentu berguna untuk menentukan ritme hidupmu kelak.

Jangan Memforsir Diri

Menjelang PTS, kamu tentu lebih fokus pada waktu belajar untuk persiapan ujian dong. Namun, bukan berarti kamu harus memaksakan diri dengan belajar berat setiap hari, ya. Memforsir diri tidak akan membuat kamu semakin mudah memahami materi pelajaran, yang ada kamu justru kelelahan dan stres. Maka dari itu, agar dapat mengerjakan ujian secara maksimal, kamu juga perlu beristirahat sesekali.

Kalau kamu merasa terlalu memforsir diri saat mengingat setiap detail materi pelajaran, maka jangan lakukan hal itu lagi, Cukup pahami konsep materi pelajaran secara keseluruhan dan bukan berusaha mengingat setiap detail. Apabila kamu hanya berusaha mengingat setiap detail materi pelajar, kamu akan melupakan bagian pentingnya, yaitu pemahaman konsep materi yang telah dipelajari.

 Perbanyak Latihan Soal Penilaian Tengah Semester

Mempelajari konsep materi pelajaran bisa membantumu menjawab soal PTS secara mudah karena kamu telah paham setiap konsepnya. Sementara itu, memperbanyak latihan soal sebagai cara menghadapi PTS bisa membantumu mengukur seberapa paham kamu dengan materi yang telah dipelajari. Semakin banyak kamu latihan soal, maka kamu akan mengetahui banyak variasi soal sehingga lebih siap menghadapi berbagai tipe soal yang muncul saat PTS nanti.

Saat belajar konsep materi pelajaran dan latihan soal, ada baiknya kamu mencari sumber materi berupa video atau kuis, biar proses belajarmu enggak membosankan.

Sudah lebih siap menghadapi Penilaian Tengah Semester kan? Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat untuk persiapan ujian kamu, ya.).

Agenda Lainnya

Acara ini sudah lewat

Try Out